Banyak sekali orang yang berpikiran bahwa mengurangi biaya hidup akan membuat Anda sengsara saat akan menjalaninya.Padahal ada cara mudah dan sangat sederhana untuk mengurangi biaya hidup, tanpa harus membuat Anda sengsara menjalaninya.

Anda tetap bisa menjalani hidup dengan nyaman meskipun dalam kondisi penghematan! Benarkah demikian? Ada baiknya Anda menyimak 8 tips mengurangi biaya hidup yang sudah kami rangkum di bawah ini.

8 Cara Mudah Mengurangi Biaya Hidup

1. Mulailah Menyingkirkan Barang-Barang yang Tidak Diperlukan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuang atau menjual berbagai barang yang tidak Anda perlukan di dalam rumah.

Ada banyak sekali barang bekas yang tidak terpakai dan bisa Anda jual untuk mendapatkan tambahan uang, seperti radio bekas, alat penyedot debu, alat-alat olahraga, dan lain sebagainya.

Singkirkan berbagai barang tersebut untuk membuat rumah lebih lega dan lapang!

2. Olahraga Tidak Harus di Pusat Kebugaran, Latihan di Rumah Tetap Asik Dijalani!

Biaya yang bisa Anda hapus dari beban bulanan adalah biaya keanggotaan di pusat kebugaran. Anda bisa menggantinya dengan berolahraga di rumah seperti jogging, push up, sit up, pull up, squat, dan lainnya.

Atau Anda bisa mulai membeli sepasang dumbell yang bisa digunakan untuk latihan beban di rumah. Ada banyak sekali variasi gerakan yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan 2 buah dumbell tersebut.

3. Jangan Biarkan Perangkat Elektronik Menyala Saat Tidak Digunakan

Hal ini terlihat sepele, namun sering menjadi kesalahan yang banyak dilakukan masyarakat di rumah mereka. Perangkat elektronik yang terpasang di aliran listrik dan tidak digunakan akan tetap membuat biaya iuran listrik per bulan semakin meningkat.

Mulailah mencabut perangkat elektronik dari aliran listrik saat tidak terpakai! Berbagai perangkat yang biasanya jarang diperhatikan dan tidak dicabut dari aliran listrik adalah TV, permainan game console seperti X-Box atau Playstation, dan charger.

4. Tidak Perlu Membeli Air Mineral! Siapkan Botol Minuman dan Bawa dari Rumah

Banyak orang yang tidak mau repot membawa botol minuman dan lebih memilih untuk membeli air mineral di warung. Mereka tidak terlalu mempermasalahan hal ini, karena berpikir biaya untuk membeli air mineral tidak terlalu mahal sekitar Rp 4000 saja per botolnya.

Memang tidak mahal, namun coba hal di atas Anda lakukan setiap hari selama 1 bulan. Jika dihitung dalam 30 hari, Anda sudah mengeluarkan uang sekitar Rp 120.000 hanya untuk air mineral saja.

Padahal dengan uang tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk hal yang lebih bermanfaat untuk masa depan. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk berinvetasi peer to peer landing yang tersedia di KoinWorks.

Hanya dengan bermodalkan uang Rp 100.000 saja, Anda sudah bisa berinvestasi di KoinWorks dengan imbal hasil  yang cukup tinggi dan berada di atas laju inflasi tahunan.

Lebih bermanfaat daripada uang tersebut  habis hanya untuk membeli air mineral, kan?

5. Gunakan Bank yang Paling Sesuai Dengan Kebutuhan

Coba evaluasi kebutuhan Anda dalam melakukan penarikan uang setiap harinya, melakukan transfer ke rekening lain, dan hal lainnya. Faktor-faktor seperti ini sangat mempengaruhi biaya administrasi perbankan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Jika Anda tidak terlalu membutuhkan rekening dengan biaya administrasi yang besar, segeralah beralih ke bank yang menawarkan biaya yang lebih rendah.

6. Ketahui Toko yang Menawarkan Harga Lebih Rendah untuk Kebutuhan Anda

Menemukan toko yang menawarkan harga lebih rendah dibandingkan dengan toko lain mungkin akan membutuhkan lebih banyak waktu.

Namun, hal ini akan menguntungkan di masa depan, karena Anda bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah dan itu artinya bisa menghemat pengeluaran bulanan.

7. Periksa Terlebih Dahulu Kulkas dan Lemari Sebelum Membeli Barang di Toko

Ada baiknya Anda memeriksa lemari penyimpanan dan kulkas sebelum memutuskan untuk membeli berbagai barang di toko. Selanjutnya, mulailah membuat daftar belanjaan berbagai keperluan yang akan dibeli.

Hal di atas sangat bermanfaat untuk Anda lakukan, sebab dengan adanya catatan belanja tersebut Anda tidak akan terlena untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan dan bisa memboroskan keuangan.

8. Tidak Ada Salahnya Mampir ke Perpustakaan untuk Menyewa Buku

Tidak bisa dipungkiri bahwa buku memiliki banyak sekali manfaat dan sangat berguna untuk pengembangan diri. Hal yang menjadi dilema adalah membeli buku baru yang dijual di toko buku membutuhkan biaya yang cukup besar dan menguras pengaluaran.

Apalagi saat Anda memiliki kebutuhan yang mendadak yang tidak terduga, sehingga keinginan untuk membeli buku harus tertunda.

Solusinya?

Coba Anda temukan buku pengganti dengan topik yang sama di perpustakan. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli buku baru. Anda hanya perlu menyewa buku di perpustakaan dan mengembalikannya saat masa pinjam sudah selesai.

Bahkan di beberapa tempat, pihak perpusatakaan selalu memperbarui koleksi buku yang dimiliki dengan berbagai buku terbitan baru. Jadi, Anda bisa tetap membaca buka terbaru tanpa harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

Itulah 8 cara berhemat dan teknik mengurangi biaya hidup yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu sengsara saat menjalaninya.

Semoga informasi yang sudah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi untuk Anda.
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: