Libur panjang sebentar lagi akan tiba dan saat ini banyak masyarakat yang mulai mempersiapkan rencana liburan yang akan mereka lakukan bersama dengan keluarga.

Tidak jarang karena waktu liburan yang panjang membuat banyak orang memilih berlibur di tempat yang jauh dari tempat tinggal.

Saat hal ini terjadi, maka menemukan penginapan saat berlibur merupakan hal yang harus dipersiapkan agar rencana liburan tidak berantakan.

Homestay bisa menjadi solusi penginapan yang bisa Anda manfaatkan saat berlibur bersama dengan keluarga besar. Dikarenakan harganya yang relatif murah dan mampu menampung banyak orang sekaligus.

Jika saat ini Anda sedang mencari homestay yang akan digunakan waktu berlibur. Berikut ini kami sampaikan tentang 8 tips sederhana saat akan mencari homestay.

Berikut penjelasannya lebih lanjut

8 Tips Mencari Homestay Saat Traveling

1. Lebih Baik Mencari Homestay Sedini Mungkin


Mencari homestay di waktu yang singkat dan mendekati waktu berlibur akan membuat Anda lebih mudah stres. Belum lagi saat libur panjang biasanya tempat penginapan sangat mudah penuh dan sudah mulai dipesan oleh orang lain.

Paling lambat, sebaiknya Anda merencanakan dan mulai mencari rumah yang akan disewa sekitar 3 bulan sebelum berlibur. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan homestay terbaik sesuai dengan anggaran liburan yang dimiliki.

2. Perhatikan Dengan Baik Semua Aturan dan Penjelasan Tentang Homestay

Banyak sekali orang yang mengabaikan rincian penjelasan dan aturan yang disampaikan oleh pihak pemilik homestay.

Padahal penjelasan tersebut sangat penting dan bermanfaat agar jangan sampai Anda tertimpa masalah karena melanggar salah satu aturan yang sudah dibuat.

Penjelasan tentang rincian tersebut juga akan menguraikan tentang apa saja fasilitas yang akan didapatkan dan juga layanan tambahan yang bisa Anda dapatkan.

3. Jangan Lupakan Negosiasi Dengan Pemilik Homestay

Ingatlah, jangan mentah-mentah menerima biaya sewa yang diberikan oleh pemilik kepada Anda. Lakukanlah negosiasi agar bisa mendapatkan harga sewa yang lebih rendah.

Biasanya pemilik homestay akan menurunkan harga sewa, jika Anda  bersedia menyewa dalam jangka waktu yang lebih lama seperti 1 atau 2 minggu.

Jangan berlebihan saat bernegosiasi, pastikan kedua belah pihak merasa diuntungkan dan tidak ada pihak yang dirugikan dengan kesepakatan tersebut.

Nah, jika Anda berhasil bernegosiasi dengan pemilik homestay dan mendapatkan harga sewa yang lebih murah. Artinya ada tambahan uang yang Anda miliki dan bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat tentunya.

Apa itu?

Kenapa tidak diinvestasikan saja ke KoinWorks yang bisa dimulai dengan modal Rp 100.000 saja. Daripada disimpan di tabungan, uang yang Anda investasikan di KoinWorks berpotensi untuk berkembang dan mampu mengalahkan laju inflasi tahunan.

Dengan demikian, liburan tetap jalan dengan lancar dan di sisi yang lain uang Anda akan terus berkembang yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan.

4. Mulai Melakukan Deposit

Setelah Anda memutuskan homestay yang akan digunakan saat berlibur, maka sekarang waktunya melakukan deposit dana sebagai tanda jadi dan bentuk komitmen yang Anda tunjukan kepada pemilik.

Pahami juga aturan yang mereka berikan terkait dengan deposit uang sewa yang dibayar dimuka. Pastikan dana tersebut bisa dikembalikan saat Anda tidak jadi menggunakan homestay tersebut.

Agar lebih aman dalam melakukan transaksi, sebaiknya Anda mencari homestay melalui situs penyewaaan rumah yang saat ini sudah banyak dan bisa dimanfaatkan. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir akan ditipu karena dana yang Anda kirimkan tidak dikembalikan.

5. Ajukan Pertanyaan Tentang Situasi Rumah

Liburan merupakan waktu yang tepat untuk melepaskan penat dari aktivitas harian yang Anda lakukan. Jadi, jangan sampai waktu berlibur Anda terganggu karena situasi dan lingkungan disekitar rumah yang tidak kondusif.

Tanyakan kepada pemilih homestay tentang situasi lingkungan di waktu malam hari. Sebab, malam hari menjadi waktu Anda beristirahat setelah berlibur dan beraktivitas seharian.

6. Foto dan Rekam Homestay Saat Anda Pertama Kali Masuk

Saat menyewa rumah untuk berlibur, sangat rentan mendapatkan masalah seperti adanya kerusakan yang tidak Anda lakukan. Dengan adanya hal seperti ini, mau tidak mau Anda harus mengganti kerusakan tersebut kepada pemilik.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mendokumentasikan homestay dengan cara memfoto atau merekam situasi awal yang ada didalamnya.

Dengan cara seperti ini, saat terjadi kerusakan yang tidak dilakukan, Anda bisa membela diri dengan menunjukan bukti kepada mereka.

7. Simpan Nomor Kontak Pemilik Homestay

Jangan terburu-buru pergi berlibur, saat Anda sudah mendapatkan kunci dari pemilik homestay. Pastikan Anda mendapatkan nomor telpon pemilik, jadi saat terjadi masalah didalam rumah tersebut Anda bisa langsung menghubungi mereka.

8. Ajak Pemilik Rumah Memastikan Semua Kondisi Saat Anda Keluar

Jika Anda sudah pulang berlibur dan memutuskan untuk pulang, maka hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengajak pemilik rumah memastikan keadaan homestay.

Tujuannya adalah untuk memastikan tidak adanya kerusakan yang Anda lakukan pada properti yang mereka miliki.

Hal ini juga sangat bermanfaat, jika suatu saat mereka menelpon Anda dan berkata harus mengganti biaya kerusakan.

Dengan menerapkan 8 tips sederhana di atas, mudah-mudahan Anda bisa nyaman saat tinggal di homestay selama berlibur.
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: