Toko swalayan memang menawarkan beberapa fasilitas yang memudahkan Anda saat berbelanja, mulai dari barang-barang yang disusun rapi berdasarkan kategori, tempat berbelanja yang lebih nyaman, dan kemudahan saat akan melakukan pembayaran.

Di balik berbagai kemudahan yang mereka tawarkan, apakah Anda sadar bahwa pihak swalayan sudah merancang taktik khusus agar Anda berbelanja lebih banyak dan menghabiskan lebih banyak uang.

Berbagai taktik dan cara yang mereka lakukan akan membuat Anda berbelanja berbagai hal meskpun tidak membutuhkannya sama sekali.

Untuk mencegah pembelanjaan yang impulsif, kali ini kami akan membahas berbagai jebakan di toko swalayan yang membuat Anda menghabiskan uang lebih banyak saat berbelanja.

Simak penjelasannya di bawah ini.

8 Jebakan Toko Swalayan yang Membuat Anda Menghabiskan Lebih Banyak Uang

1. Buy One, Get One Free

Teknik yang satu ini sepertinya menjadi cara yang paling umum dan mudah sekali ditemui di berbagai toko swalayan yang ada.

Bahkan banyak pembeli yang rela berebut dengan pembeli yang lain hanya untuk mendapatkan barang gratisan tersebut.

Sebelum memutuskan untuk membeli barang dengan teknik promosi di atas, coba pikirkan ulang apalah Anda benar-benar membutuhkan produk tersebut lebih dari 1 dengan harga yang ditawarkan.

2. Produk yang Berpasangan Berada Pada Tempat yang Berdekatan

Toko swalayan seringkali menempatkan produk yang saling berpasangan berdekatan satu dengan dengan lainnya.

Misalnya saja roti tawar dengan selai yang bertujuan untuk mendorong para pembeli melakukan pembelanjaan yang lebih banyak.

Sehingga, saat Anda hanya berencana membeli roti tawar akan tergoda untuk menambahkan selai ke keranjang belanja yang ada.

Jangan mudah tergoda dengan perangkap yang ada dan berpeganglah pada daftar belanjaan yang sudah Anda miliki.

Jika Anda masih tetap ingin membeli produk yang berhubungan tersebut, sebaiknya meninjau pilihan merek lain yang menawarkan harga terbaik.

3. Produk yang Dijual Lebih Banyak

Pasti Anda sering melihat promosi yang dilakukan toko swalayan yang menawarkan promosi membeli 5 mi goreng dengan harga yang lebih murah dibandingkan membeli 1.

Banyak pembeli tertarik dengan promosi yang ditawarkan dan akhirnya membeli produk dalam jumlah yang lebih banyak, meskipun mereka tidak terlalu membutuhkannya.

Jika diperhatikan lebih teliti, maka Anda akan mendapatkan bahwa harga satuan dari produk yang dijual banyak tersebut tidaklah terlalu jauh berbeda harganya.

Dengan demikian, mengapa harus membeli dalam kuantitas yang berlebihan, jika yang dibutuhkan hanya 1 buah saja.

4. Menempatkan Produk di Lokasi yang Sangat Strategis

Toko swalayan sangat memahami perilaku para pembeli, dimana para pembeli cenderung mengambil barang-barang yang berada tepat di depan mata mereka.

Perilaku pembeli inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh toko swalayan dengan menempatkan produk dengan harga yang mahal di tempat yang mudah terlihat dan strategis.

Jika Anda tidak percaya, silahkan Anda bandingkan sendiri harga produk dengan jenis sama yang berada di rak paling atas atau rak paling bawah. Rak-rak tersebut pasti diisi dengan berbagai produk dengan harga yang paling murah.

5. Memberikan Tampilan yang Mewah

Cara produk ditampilkan di sebuah etalase atau rak akan sangat mempengaruhi persepsi nilai barang di mata para pembeli.

Sehingga Anda bisa saja membayar produk dengan harga yang lebih tinggi saat produk tersebut ditempatkan pada lokasi yang mewah dan terlihat berkelas.

Hal yang perlu Anda sadari disini adalah harga sebuah produk yang sama akan sangat bervariasi tergantung di mana Anda menemukan dan membeli produk tersebut.

6. Produk yang Lebih Besar Lebih Baik

Banyak pembeli yang beranggapan bahwa produk yang berukuran lebih besar biasanya lebih murah jika dibandingkan membeli produk yang berukuran lebih kecil.

Tidak selamanya logika ini berlaku, sebab ada juga beberapa produk yang lebih efisien saat Anda membeli ukuran yang lebih kecil.

Agar Anda bisa mendapatkan penawaran harga yang terbaik, mulailah memeriksa harga produk tersebut satu dengan yang lainnya.

7. Keranjang Belanja yang Dibuat Besar

Pihak toko swalayan sengaja merancang keranjang belanja berukuran lebih besar untuk memicu pembelian yang lebih besar dari para pembeli.

Saat Anda berbelanja dan melihat keranjang belanjaan tersebut kurang penuh, maka hal ini secara tidak sadar akan membuat Anda menambah jumlah blanjaan yang tidak diperlukan.

Solusinya, Anda bisa menggunakan keranjang belanjaan yang lebih kecil saat akan berbelanja dan memiliki daftar belanjaan yang akan dibeli.

Cara seperti ini sangat bermanfaat untuk mencegah Anda membeli berbagai barang yang tidak diperlukan.

Daripada uang tersebut habis dibelikan berbagai barang yang tidak terlalu diperlukan, lebih baik Anda menginvestasikannya di instrumen investasi yang mampu menumbuhkan uang tersebut di masa depan.

Anda hanya perlu menyisihkan uang minimal Rp 100.000 saja, sebuah nilai yang sangat kecil dibandingkan uang tersebut habis dipakai berbelanja.

8. Barang-barang Murah yang Diletakkan di Dekat Kasir

Taktik yang terakhir adalah dengan menempatkan barang-barang dengan harga yang murah untuk diletakkan di dekat kasir.

Banyak orang tergoda mengambil berbagai barang yang ada di dekat kasir saat mereka bosan menunggu antrian pembayaran.

Semoga informasi yang sudah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak inspirasi untuk Anda semua yang telah membacaya.
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: