Sebagian besar orang tua lebih suka memberikan uang jajan kepada anak-anak mereka secara harian.
Alasannya cukup sederhana, sebab para orangtua belum merasa yakin dengan kemampuan anak untuk mengelola uang, saat mereka mendapatkan uang jajan bulanan.

Padahal jika Anda membiasakan anak dengan uang jajan bulanan, ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan pada diri anak.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang 5 alasan perlunya mengajarkan anak mengelola uang sejak dini.

5 Alasan Perlunya Mengajarkan Anak Mengelola Uang Sejak Dini

1. Mengajarkan Mereka Konsep Anggaran Sejak Dini

Anggaran keuangan merupakan salah satu faktor yang menentukan seseorang mampu atau tidak mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Memberikan uang jajan bulanan merupakan salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak konsep penganggaran sejak dini.

Dengan adanya anggaran bulanan yang diberikan, anak Anda akan belajar untuk menyesuaikan pembelian yang akan mereka lakukan.

Mereka akan belajar, jika menghabiskan uang di hari pertama, maka mereka tidak akan memiliki uang untuk satu bulan ke depan.

2. Menghindari Mereka Melakukan Pembelian yang Tidak Diperlukan

Anak-anak pasti akan dengan mudah tergoda untuk membeli permainan baru, makanan, aksesoris, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak melatih mereka sejak dini, maka kebiasaan memboroskan uang akan senantiasa mereka lakukan sampai dewasa.

Dengan pemberian uang jajan bulanan, maka anak-anak akan jauh lebih selektif saat akan melakukan pembelian.

Mereka akan berpikir dua kali saat tergoda untuk membeli mainan baru, membeli makanan, dan lainnya.

3. Mengajarkan Mereka Menyimpan Uang Untuk Masa Depan

Anda juga bisa dengan mudah mengajarkan anak-anak tentang konsep menabung untuk masa depan. Ajarkan kepada mereka bahwa menabung atau menyisihkan sebagai uang bulanan bisa membantu mereka mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Katakan bahwa dengan menabung, mereka bisa menggunakan uang yang disimpan untuk membeli pakaian baru, membeli mainan baru, membeli konsol permainan, dan lain sebagainya.

Ajarkan kepada mereka untuk belajar menunda kesenangan dan membiasakan menabung sejak dini dari uang jajan yang diberikan.

Jika anak Anda sudah berusia di atas 17 tahun, mulailah ajarkan mereka tentang konsep berinvestasi. Ajarkan kepada mereka bahwa investasi bermanfaat untuk menumbuhkan nilai uang yang dimiliki saat ini.

Sebagai tahap awal, Anda bisa memperkenalkan KoinWorks sebagai salah satu instrumen investasi peer-to-peer lending yang bisa mereka manfaatkan sebagai tempat berinvestasi. Ajarkan mereka untuk menginvestasikan uang jajan minimal Rp100.000 setiap bulan di KoinWorks.

Dengan berinvestasi di KoinWorks, tingkat imbal hasil yang akan didapatkan mampu berada di atas rata-rata tingkat inflasi tahunan.

Tidak hanya itu saja! Saat berinvestasi di KoinWorks secara tidak langsung Anda berkontribusi untuk turut mengembangkan usaha UMKM.

Hal ini dapat terjadi karena KoinWorks akan mempertemukan investor dengan peminjam dana yang dalam hal ini adalah pelaku UMKM yang membutuhkan tambahan dana.

4. Mengajarkan Mereka Tanggung Jawab

Uang jajan yang diberikan setiap bulan bisa membantu Anda mengajarkan anak-anak untuk belajar bertanggung jawab.

Jika mereka memboroskan uang jajan yang diberikan, maka konsekuensinya merek tidak akan memiliki uang pada hari selanjutnya.

Jika mereka berhemat dan tidak berlebihan saat menggunakan uang, maka mereka bisa menabung sebagian uang jajan yang nantinya bisa bermanfaat untuk membeli barang yang diinginkan.

5. Memberikan Mereka Kebebasan

Anda tidak perlu mencampuri keputusan anak-anak tentang apa yang mereka habiskan dengan menggunakan uang jajan tersebut.

Selama mereka tidak menggunakan uang jajan yang diberikan untuk membeli sesuatu yang berbahaya dan tidak pantas untuk mereka, maka mereka bebas untuk menggunakan uang jajan tersebut.

Cara seperti ini tidak hanya memberikan kebebasan kepada anak Anda dalam hal keuangan, tetapi juga bisa bermanfaat untuk mengajarkan mereka dalam membuat keputusan pembelian yang tepat.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa membiasakan anak Anda dengan uang jajan bulanan ternyata bisa memberikan banyak manfaat.

Anda bisa mengajarkan mereka tentang tanggung jawab, membantu mereka mengambil keputusan dengan tepat, dan mengajarkan konsep keuangan sejak dini kepada mereka.

Dasar keuangan di atas akan sangat bermanfaat, saat anak Anda sudah tumbuh dewasa dan mampu menghasilkan uang sendiri dari pekerjaan.

Mereka bisa menjadi orang yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan dan mampu mengendalikan pengeluaran yang tidak terlalu bermanfaat.

Anda juga bisa menyisipkan pelajaran tentang pentingnya berinvestasi untuk masa depan. Berikan pemahaman kepada mereka bahwa berinvestasi bisa membantu mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: