Salah satu keterampilan paling berharga yang wajib Anda miliki dalam hidup adalah manajemen waktu yang efektif. Apabila Anda tidak mengelola waktu dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan mencapai tujuan yang direncanakan.

Tidak peduli siapa Anda, usia, pendapatan, jenis kelamin, ras atau agama Anda, Anda memiliki jumlah waktu yang sama dengan orang lain.

Apakah Anda kaya raya atau tidak, waktu yang dimiliki tetaplah sama. Tentunya, ini bukan tentang berapa banyak waktu yang Anda miliki, namun tentang seberapa efektif Anda mengatur waktu.

Jadi jika Anda serius ingin mencapai tujuan Anda, cobalah untuk mengatur manajemen waktu yang dimiliki menjadi lebih efektif. Bagaimana caranya?

Berikut adalah 13 tips yang dapat membuat Anda mampu mengatur waktu menjadi lebih bermanfaat:

13 Tips Membuat Waktu Anda Menjadi Lebih Produktif

1. Tetapkan tujuan dengan jelas

Dalam hal ini gunakan metode SMART untuk membantu Anda melihat semuanya. (S – Specific, M – Measurable, A – Attainable, R – Relevant, T – Timely).

Menetapkan tujuan dengan jelas akan membuat Anda memahami dengan jelas mengapa Anda harus mencapai tujuan yang telah dibuat.

2. Temukan sistem manajemen waktu yang baik

Salah satu tip untuk mengatur waktu Anda adalah menemukan sistem yang tepat dalam mengatur waktu. Sistem manajemen waktu dalam kuadran dapat menjadi pilihan paling efektif.

Cobalah membagi aktivitas Anda menjadi empat kuadran berdasarkan kepentingannya. Mulai dari hal-hal yang sangat penting, mendesak dan menjadi prioritas(1), kemudian dilanjutkan dengan hal-hal yang penting namun tidak mendesak(2), lalu hal-hal yang tidak terlalu penting tapi harus dilakukan(3), dan diakhiri dengan hal-hal yang menjadi keinginan dan tidak penting(4).

3. Rincikan waktu Anda selama tujuh hari berturut-turut

Luangkan waktu tujuh hari untuk menilai bagaimana cara Anda menghabiskan waktu yang dimiliki. Apa yang sedang Anda lakukan saat ini dan kemarin?

Apakah waktu yang dimiliki telah dihabiskan dengan bijak? Catatlah itu di jurnal Anda. Jika Anda menggunakan sistem kuadran, lingkari atau log kuadran yang terkait aktivitasnya.

Pada hari terakhir dalam tujuh hari, hitung semuanya, dan lihat dimana Anda menghabiskan sebagian besar waktu yang ada?

4. Ikuti aturan 80-20

Tip manajemen lain yang hebat adalah dengan menggunakan Aturan 80-20, yang juga dikenal sebagai Prinsip Pareto. Aturan ini menyatakan bahwa 80% dari upaya tersebut berasal dari 20 persen hasilnya.

Dalam penjualan, itu juga berarti bahwa 80 persen penjualan berasal dari 20 persen pelanggan. Trik-nya? Kenali 20 persen usaha yang menghasilkan 80 persen hasil. Anda dapat melakukan ini dengan teliti dalam melakukan pelacakan dan analisis.

5. Masukkan kebiasaan kunci ke dalam hidup Anda

Charles Duhig dengan pedih menciptakan kebiasaan kunci dalam bukunya yang berjudul, The Power of Habit. Dalam arsitektur, batu kunci adalah batu yang menampung semua batu lainnya.

Demikian pula, kebiasaan kunci tidak hanya membantu membentuk kebiasaan baik lainnya, tapi juga membantu menghilangkan kebiasaan buruk juga.

Fokus pada kebiasaan utama dan Anda akan menjadi lebih baik dalam mengelola keseluruhan waktu Anda dengan membuat pengembangan kebiasaan Anda menjadi lebih mudah.

6. Jadwalkan waktu untuk membalas email

Matikan email Anda sepanjang hari. Saat email baru masuk, sangat mudah untuk mengalihkan perhatian. Jadwalkan waktu untuk membaca dan membalas email.

Jika ada sesuatu yang mendesak, seseorang akan memanggil atau mengirim SMS kepada Anda. Tapi ketika Anda membuka email Anda, gangguan tersebut mengganggu aliran pemikiran Anda dan lebih sulit untuk kembali ke jalur semula.

7. Hilangkan kebiasaan buruk

Salah satu pemboros waktu terbesar yang kita miliki adalah kebiasaan buruk kita. Entah itu terlalu banyak membuka media sosial, bermain game, pergi minum bersama teman, atau hal-hal lainnya tanpa disadari telah menghabiskan waktu berharga yang Anda miliki.

Gunakan waktu Anda dengan bijak dengan menghilangkan kebiasaan buruk Anda jika Anda ingin secara serius mencapai tujuan besar dalam hidup.

8. Seringlah istirahat saat bekerja

Anda mungkin merasa bahwa semakin lama Anda bekerja maka semakin maksimal juga hasil yang akan didapatkan.

Pernyataan tersebut tentunya benar, akan tetapi tahukah Anda bahwa tubuh dan otak kita akan menjadi lebih produktif apabila memiliki istirahat sejenak?

Jangan memaksa diri untuk terus bekerja tanpa henti. Ambil waktu sejenak untuk sekedar beristirahat, dan kembalilah bekerja di saat Anda telah merasa pulih dari keletihan.

9. Meditasi atau olahraga setiap pagi

Anda mungkin berpikir bahwa ini tidak akan membantu mengatur waktu Anda dengan lebih baik. Akan tetapi bermeditasi dan berolahraga setiap pagi akan memberi Anda keseimbangan dalam otak.

Hilangkan setiap pemikiran negatif dan lakukan hal ini dengan serius. Tanpa disadari energi, stamina, dan fokus mental Anda akan mengalami pergeseran drastis menjadi lebih baik.

10. Buatlah daftar tugas di malam hari untuk hari berikutnya

Setiap malam sebelum tidur, buatlah daftar tugas untuk hari berikutnya. Lihatlah tujuan Anda dan lihat apa yang dapat Anda lakukan.

Dengan membuat daftar tugas, Anda menetapkan tujuan untuk hari itu secara efektif. Tujuan harian lebih mudah dicapai, dan secara perlahan juga akan membantu Anda mend ekati tujuan jangka panjang yang lebih besar.

11. Temukan inspirasi saat Anda merasa tidak bersemangat

Lanjutkan ke YouTube, TED Talks dan sumber inspirasional lainnya yang dapat Anda ubah saat Anda kurang mendapat inspirasi.

Sulit untuk tetap berada di jalur dengan efisiensi waktu saat Anda kehilangan semangat di dalam diri. Temukan cara untuk menghidupkan kembali api yang ada dengan menemukan kembali inspirasi dari hal-hal yang dapat memotivasi Anda.

12. Dapatkan mentor yang bisa membimbing Anda

Menemukan mentor sangat penting. Sangat mudah untuk menjadi terganggu dan terbujuk saat Anda tidak memiliki seseorang yang membimbing Anda.

Tapi bila Anda secara pribadi mengandalkan seseorang yang telah melalui setiap tantangan yang sama dan dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda, lebih mudah untuk tetap berada di jalur dengan waktu Anda. Temukan mentor yang baik yang dapat membantu Anda selama perjalanan mencapai tujuan.

13. Matikan notifikasi media sosial

Notifikasi yang diberikan oleh aplikasi media sosial seringkali tak ada habisnya, dan membuat Anda kehilangan banyak waktu.

Cobalah untuk mematikan notifikasi, karena Anda tidak memerlukannya setiap saat hanya untuk sekedar mengetahui segala sesuatu yang terjadi dengan teman Anda. Hal ini bukanlah hal yang penting. Ingatlah bahwa Anda harus menggunakan waktu dengan berharga.

Ingatlah, waktu adalah sebuah aset yang sangat berharga dan tidak akan pernah kembali lagi. Intinya adalah pastikan Anda melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan dan itu mengarah pada jenis kehidupan dan bisnis yang Anda inginkan.

Jangan biarkan setiap tantangan dan orang lain mempengaruhi Anda dan masa depan dari diri Anda.

Ketahuilah bahwa ini hidupmu, Ini bisnis Anda. Katakan tidak pada hal-hal yang akan membuang waktu dengan percuma tanpa akan memberikan perkembangan di masa depan.

Disaat Anda telah berhasil mengatakan tidak akan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi perkembangan diri, maka sekarang saatnya Anda untuk berfokus pada pengembangan diri.

Lakukanlah banyak hal yang bermanfaat bagi diri sendiri, salah satunya adalah menciptakan keuangan yang baik bagi masa depan.

Belajar untuk mengelola keuangan agar menjadi lebih bermanfaat juga bukan hal yang mudah, dibutuhkan skill di dalamnya.

Apabila Anda ingin mulai belajar dalam mengelola keuangan, salah satu caranya adalah dengan membagi uang hasil bisnis maupun kerja Anda ke dalam berbagai portfolio investasi.
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: